Kamis, 06 Agustus 2015

Strategi Berbisnis Kaos Distro

Pengalaman saya selama berkenalan dengan berbagai pebisnis kaos distro, ternyata kuncinya adalah sejauh mana kita bisa memperluas apasar dan pasar bisa menerima produk yang dijual. Artinya, barang apapun, jika ia memiliki akses pasar yang luas, maka ia akan berpotensi menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.

Akan tetapi, segmentasi bisnis ke pemasaran atau produksi, atau pun keduanya, tergantung sejauh mana peluang yang bisa kita optimalkan. Misalnya, bagi yang memiliki jaringan banyak akan tetapi minim modal, maka bisnis yang biasa diambil adalah menjadi agen atau distributor. Akan tetapi bagi pebisnis yang memiliki modal besar tetapi minim pemasaran, maka produksi menjadi pilihan yang diambil.

Besar kecilnya pasar kaos distro ditentukan oleh segmentasi yang akan kita ambil, misalnya bisa berdasarkan hobby, pendidikan konsumen, dan lain lain. Begitu juga dalam produk bisnis, bisa berupa barang dan jasa. Akan sangat banyak potensi yang bisa kita kembangkan dalam bisnis jika kita serius, focus, dan memahami strategi bisnis kaos distro.   
Setelah memiliki ide, membidik segmentasi pasar, memahami positioning, menentukan taget, selanjutnya adalah menentukan strategi bisnis. 

kaos distro, grosir kaos distro, kaos raglan, kaos polo, jual kaos, kaos murah, kaos bandung, kaos distro bandung, kaos distro murah, kaos distro online, reseller kaos distro, distributor kaos distro, kaos distro terbaru, pusat kaos distro,  grosir kaos,

4.    Strategi bisnis Kaos Distro

Strategi bisnis bisa berupa strategi produksi, strategi pengembangan modal, strategi promosi, iklan, diskon reseller dan grosir, serta reward reward lain.

a.    Strategi pengembangan modal

Dalam bisnis, modal itu penting, baik berbentuk barang dan uang, atau jasa. Sesuatu yang bisa menjadi asset awal, itulah modal. Jika modal berupa uang, bisa berasal dari uang pribadi atau pinjaman.

b.    Strategi produksi

Setelah memiliki modal yang cukup, maka langkah berikutnya ialah menentukan strategi produksi. Keuntungan dalam produksi perpotong memang lebih kecil dibanding dengan pemasaran, akan tetapi produksi yang banyak dan strategis akan memiliki keuntungan di banding dengan pemasaran yang memiliki stok terbatas.

Strategi produksi bisa dilakukan dengan cara membuka konveksi/ sablon, PO ke konveksi orang, atau kita menggunakan system malkun (membeli bahan bahan sendiri dan menyerahkan produksi ke konveksi. Semua punya kelebihan dan kekurangan. Adapun barang yang dipasarkan bisa membidik merk sendiri atau menjual merk orang lain.

c.    Strategi iklan dan promosi

Dalam pemasaran, promosi merupakan jantung dari hubungan dengan konsumen. Hal ini pulalah yang akan membedakan satu produk dengan produk lain yang kualitasnya sama. Satu hal yang ingin ditarget dalam promosi ialah branding/ membuat satu kata kunci yang selalu dikenang konsumen. Misalnya, ketika orang berbicara 3second ketika membicarakan kaos distro, maka merk itu telah sukses melakukan branding. Hal ini bisa dilakukan dengan mengendorse artis/ public figure, menjadi sponsor, donator event event tertentu, atau juga melalui pelayanan mengesankan melalui mouth to mouth. Strategi dari mulut ke mulut merupakan strategi yang lama dilakukan, tapi lebih betahan lama dikenang konsumen.
Adapun pemasaan bisa ditempuh melalui jalur offline (outlet), online, atau pun keduanya. Jika membuka outlet, usahakan posisinya di tempat yang banyak dilalui akses publik, desain interiornya elegant dan unik, dan pelayanannya ramah.  Jika membuka toko online, usahakan promosi melalui semua media online seperti membuat web, blog, wordpress, BBM, Facebook, twitter, path, instagram, dan lain lain. Semakin banyak orang yang mengenal bisnis kamu, maka akan semakin meningkatkan potensi penjualan.

d.    Strategi pelayanan prima

Dalam bisnis apapun, yang selalu ingin dikenang konsumen melebihi prodak adalah kesan baik/ attitude. Jadi sebenarnya, bisnis yang baik itu adalah jual sikap, bukan jual produk. Pelayanan prima ini bisa berupa pelayanan yang cepat, ramah, tepat waktu, serta menyenangkan.

e.    Strategi kalkulasi laba rugi

Bisnis selalui dipengaruhi permintaan dan penawaran. Usahakan untuk selalu pada posisi yang seimbang. Tidak terlalu mengeruk keuntungan, juga tidak terlalu menyengsarakan usaha karena alas an menyenangkan konsumen. Dibuat statistic jumlah modal, jumlah beban produksi, pengeluaran lain lain, akumulasi keuntungan kotor, hingga keuntungan bersih. Dengan target yang jelas, maka kita akan mudah menganalisa pekembangan bisnis.

f.     Strategi manajerial bisnis

Dalam jangka panjang, manajerial merupakan kunci untuk mempetahankan dan mengembangkan bisnis untuk stabil. Manajeial itu bisa berupa pembukuan yang detail dan bisa dipetanggungjawabkan,  penataan posisi toko/ barang, desain interior, dan lain lain. Yang terpenting adalah selalu mengontrol perkembangan bisnis secara berkala dan membuat gagasan kreatif lain seperti poin satu dan seterusnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar